Becandaan itu kayak makanan kaleng, ada masa expirednya. Cuma bisa dipake dalam kurun waktu tertentu, setelahnya, BASI! Nggak boleh dikonsumsi lagi, bisa menimbulkan bahaya, jiwa humoris kamu akan terkontaminasi.

Dampaknya, temen-teman jadi ngejauhin kamu. Ya, emang sih, temen-temen kamu bakal tetep ketawa, tapi ketawa sambil nge-update status, "Kasih kucing aja kali, becandaannya udah basi tuh.”

Penyebab basinya sebuah becandaan bisa karena beberapa alasan: karena udah terlalu sering dipake jadinya orang bosen bin muak, karena udah digantikan sama tren becandaan baru, bisa juga karena yaa emang udah nggak jamannya aja, atau bisa juga faktor muka kamu yang basi.

Lewat artikel ini Nyunyu mau mastiin kalau para pembaca Nyunyu adalah anak-anak yang selaluapcol alias apdet lelucon. Ciri utama anak apcol adalah nggak pernah lagi make becandaan-becandaan ini:

Di mana? di hatimu!!
Contoh kasus:
      “Eh lu lagi dimana?”
      “Di hatimuu.”
       
      “Pak Dokter, ngeliat pisau yang tadi di meja bedah nggak, di mana yah?”
      “Di hatimu.”

Pada eranya emang becandaan bin gombalan ini hip banget. Tapi, sekarang udah terlalu sering kita denger, jadi kalau di masih ada anak yang make becandaan ini bisa maka dia halal untuk dijauhin, dicuekin, dan nggak ditemenin.  

Dari mana? Dari tadi.
Contoh kasus:
“Buset seharian ngilang, dari mana lo?”
“Dari tadi”

Jokes satu ini berawal dari rasa malas untuk ngejelasin kita abis dari mana. Awalnya lucu, tapi lama-lama nyebelin. Apalagi kalau suasananya lagi serius. Jadi jangan dicoba yah. Kalau mau nyoba jokes serupa dengan contoh percakapan ini:

Broo, udah mau pergi aja, Lo. Ke mana?”
            “Hmm. Ke rupuk.”

Jadi ketika ada yang ngatain kamu garing, ya wajar. Bercandaannya aja kerupuk.

Kasih tau nggak yaaaah?
Contoh kasus:
"Sekarang hari apa sih?"
"Kasih tau nggak yaaaaah? Mau tau banget apa mau tau aja."

"Naaak, kamu udah dapet uang jajankan untuk sebulan ini?"
"Kasih tau nggak yaah."

Sudahlah, sudah. Becandaan sok paling tau dan sok jual mahal ini so last year banget, Bro! Yang pertama kali nyiptain becandaannya aja udah naik haji, nah elo masih di situ-situ aja mikirin mau ngasih tau apa nggak, mikirin mau ngasih tau banget atau tau Sumedang. BTW, pada tau kan siapa yang nyiptain becandaan ini? Nyunyu sih nggak tau. haha.


Ya iyalah, masa ya iya dong.
Contoh kasus:
      “Emangnya tiap tanggal merah kita libur yah?”
      “Yaiyalaah masa yaiyadong,”
     
      “Lu kenapa nangis, lagi ada masalah?”
      “Ya masalaaah, masadong?!”
     
      “Kita harus baca doa apa nih?”
      “Bismilah masa bismidong?!”

Mulan Jamilah aja udah ilang dari peredaran, masa becandaan Mulan Jamidong masih dipake? Maaan, sekarang udah eranya Vicky Prasetyo, becandaan kayak gitu harusnya udah mati kayak Friendster.

Video 3gp
Contoh kasus:
“Kemaren abis jalan-jalan ya lo sama cewek lo. Oleh-oleh 3gp-nya dong!”

Mendengar kata “3gp” udah pasti yang kebayang di otak kamu adalah video bokep. Makanya ada anak yang sering ngejadiin becandaan. Tapi ketahuilah kawan-kawan, bahwa sekarang semuasmartphone udah bisa menampilkan video yang lebih berkualitas. Era 3gp pun udah digantikan oleh Mp4. Camkan itu.

Kita? Lo aja kali gue nggak.
Contoh kasus:
            "Besok kita ngumpul ngerjain tugas yah."
            "Kita? lo aja kali gue nggak."
     
            "Yang, kita jadi nikah kan besok?"
            "Kita? lo aja kali gue nggak."

Kalian bukan lahir di tahun 80-an kan? umurnya masih 20 tahunan kan? Ya, becandaan kayak gini tuh udah ada dari jamannya mamah-papah kamu masih main sepatu roda. Anehnya, di era milenium sekarang becandaan kayak gini masih aja ada yang make. huft!

Jadi, jangan cuma apps di handphone kamu doang yang di-update, tapi becandaan kamu juga.